JCH Indonesia Berusia 65 Tahun Diimbau Tak Tarik Setoran

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:38 | 45.22k
JCH Indonesia Berusia 65 Tahun Diimbau Tak Tarik Setoran
Ilustrasi JCH Indonesia melakukan manasik haji. (Foto: Dok TIN)

TIMES HAJI, JAKARTA – Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang berusia 65 tahun diharapkan tidak menarik setoran haji. Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag RI) Arsad Hidayat menyampaikan imbauan tersebut, karena bisa jadi ketentuan dari Saudi pada musim haji berikutnya akan lebih longgar.

“Jamaah di atas 65 tahun diharapkan tetap tidak menarik setorannya karena sayang. Belum tentu tahun depan akan sama (dilarang untuk di atas 65 tahun). Kan nunggunya akan lama sekali kalau mau haji lagi,”jelas Arsad disela Edukasi Media Center Haji (MCH) di gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

Seperti yang diketahui, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, jemaah haji dengan usia di atas 65 tahun memang tidak diperkenankan untuk menunaikan haji tahun ini akibat dampak dari pandemi. 

Arsad berharap prosesi ibadah haji tahun ini bisa lancar. Untuk itu, dia mengimbau jamaah bisa menunaikan haji dengan protokol kesehatan yang baik seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Saat pulang ke Tanah Air, Arsad berharap tidak ada virus yang tertular dari jemaah haji ke daerah masing-masing. Dia menjelaskan, hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Arab Saudi untuk memperlonggar kebijakan pada musim haji berikutnya. 

Pemberangkatan haji yang tinggal menghitung hari masih menyisakan kuota sekitar 2.531 jemaah. Arsad menjelaskan,  sisa kuota terjadi karena masalah pelunasan dari jamaah yang seharusnya berangkat pada musim haji tahun ini.

"Mungkin saat tersebut belum ketercukupan anggaran atau keperluan strategis sehingga menunda haji," ujar Arsad.

Dia menegaskan, sisa kuota tersebut akan diisi oleh jemaah cadangan yang telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.  Menurut dia, jamaah cadangan tersebut diminta untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mereka pun secara otomatis akan mendapatkan jadwal dari Kemenag.

“Barang-barang sudah mereka terima sebagian,"jelas dia.

Data dari Kemenag RI tahap pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) dan konfirmasi keberangkatan jemaah 1443 H/2022 M sudah ditutup, Jumat (20/5/2022) kemarin. Total, ada 89.715 jamaah yang telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.  

Total, ada 12.294 JCH Indonesia dengan status cadangan telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. “Sisa kuota 2.531 akan diisi jamaah dengan status cadangan, yang jumlahnya mencapai 12.294. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru