Tak Penuhi Syarat Usia, 314 JCH Ponorogo Gagal Berangkat Haji 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:04 | 29.58k
Tak Penuhi Syarat Usia, 314 JCH Ponorogo Gagal Berangkat Haji 2022
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji Tahun 2022 (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, PONOROGO – Ada 314 Jemaah Calon Haji Kabupaten Ponorogo (JCH Ponorogo) yang gagal berangkat ke tanah suci tahun 2022 ini. Sebagian besar akibat faktor usia.

Seperti yang diketahui Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan baru terkait usia jemaah haji yang diperbolehkan masuk tahun ini.

"Usia maksimal yang diperbolehkan mengikuti ibadah haji di tanah suci adalah 65 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo Muhammad Nurul Huda Rabu (25/5/2022).

Selain aturan dari Pemerintah Arab Saudi, menurut Muhammad Nurul Huda juga ada aturan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 405 tahun 2022 tentang kuota yang sangat terbatas.

Muhammad Nurul Huda juga menyebutkan mereka yang gagal berangkat tahun ini diprioritaskan berangkat tahun depan.

Rencananya JCH asal Ponorogo berangkat pada tanggal 6 Juni 2022 nanti. "Yang berangkat ada 194 JCH," sebutnya.

Muhammad Nurul Huda juga menjelaskan bahwa pandemi yang berubah jadi endemi dan cuaca ekstrem 48-50 derajat pada musim haji, Pemerintah Arab Saudi punya kebijakan. Indonesia punya KMA terkait kuota tadi.

"Jadi yang gagal berangkat murni karena aturan bukan karena mereka belum melunasi ongkos naik haji (ONH)," paparnya.

Untuk vaksin, seluruh JCH Ponorogo sudah selesai. "Seluruh jemaah sudah vaksin semua, booster juga sudah. Tinggal PCR saja, satu hari sebelum keberangkatan," tukas Kepala Kantor Kemenag Ponorogo, Muhammad Nurul Huda. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru