Hindari Heat Stroke, 5 Buah ini Disarankan untuk JCH Indonesia 

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:13 | 144.00k
Hindari Heat Stroke, 5 Buah ini Disarankan untuk JCH Indonesia 
Ilustrasi suhu panas di Mekkah. (foto: Tribunnews/Bahauddin/MCH2019)

TIMES HAJI, JAKARTA – Suhu panas di Mekkah, Arab Saudi diperkirakan akan terjadi saat puncak Haji 2022. Bagi jemaah calon haji atau JCH Indonesia, suhu panas itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan, seperti heat stroke

Heat stroke dapat terjadi karena terlalu lama terkena sengatan matahari hingga tubuhnya tak lagi dapat mentoleransi.

Salah satu pencegahannya adalah mengonsumsi buah. Berikut buah yang direkomendasikan bagi jemaah calon haji (JCH) Indonesia. 

Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Maka tak salah jika buah semangak sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi JCH berhaji. 

Melon

Melon juga salah satu buah yang mengandung banyak air. Buah ini secara signifikan dapat mengurangi panas tubuh. 

Jeruk

Kaya akan vitamin C, jeruk juga termasuk dalam list buah wajib yang dikonsumsi JCH. Jeruk juga kaya akan elektrolit dan potassium yang efektis menghidrasi tubuh sekaligus melindungi tubuh dari serangan panas. 

Lemon

JCH dapat menjaga kekebalan tubuh dengan rajin mengonsumsi lemon. Anda dapat mencampur lemon dalam air minum. Akan lebih nikmat jika ditambahkan madu. 

Apel

Kandungan air dari buah apel mencapai 84 persen. Buah ini juga kaya vitamin C dan A yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Karena kecil, JCH Indoensia dapat mengonsumsinya lebih dari 1 buah setiap harinya agar terhindar dari heat stroke. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Berita Haji Terbaru