Agar Tetap Bugar, Ini Olahraga yang Disarankan untuk JCH

Jumat, 27 Mei 2022 - 04:24 | 78.24k
Agar Tetap Bugar, Ini Olahraga yang Disarankan untuk JCH
Jalan kaki salah satu olahraga sederhana yang disarankan untuk Jemaah Calon haji (FOTO:blue.kumparan.com)

TIMES HAJI, JAKARTA – Bulan haji hampir tiba. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh para Jemaah Calon Haji (JCH). Selain mental, fisik jemaah juga perlu diperhatikan. 

Beberapa oleharaga ini sangat dianjurkan untuk para JCH agar ibadah di Tanah Suci berjalan dengan lancar. 

1. Jalan kaki

Ibadah haji banyak diisi dengan jalan kaki. Seperti tawaf, sai dan lainnya. Termasuk juga perjalanan dari pondokan ke masjid harus berjalan kaki. 

Tentunya olahraga jalan kaki sangat dianjurkan. Tak hanya membiasakan diri berjalan kaki dengan jarak yang agakjauh, olahraga ini juga akan meingkatkan kekuatan otot kaki hingga punggung. 

2. Lari

Kegiatan berhaji juga diisi dengan lari-lari kecil saat sai. Nah, bisa dibiasakan berlari mulai dari sekarang ya. Olahraga tak perlu dipaksakan, walau hanya beberapa menit, tapi konsisten akan jauh lebih baik. 

3. Peregangan 

Banyak yang menyepelekan peregangan. Padahal peregangan sangat bermanfaat untuk menjaga otot tetap lentur sehingga meminimalisir terjadinya cedera. 

4. Olahraga pernapasan

Latihan pernapasan bertujuan meningkatkan fungsi paru-paru. Banyaknya orang dan cuaca yang panas tak menutup kemungkinan terjadinya sesak napas. Nah dengan olahraga pernapasan akan membantu mengatasi masalah tersebut. 

Olaharaga pernapasan yang paling mudah adalah melatih diafragma. Caranya duduk sambil bersandar. Kemudian letakkan satu tangan di perut dan satu lagi di dada. Tarik napas melalui hidung dan tahan selama 2-3 detik. Lepaskan melalui mulut. Ulangi dalam 10 kali.

Selain itu, untuk olahraga pernapasan JCH juga dapat berenang. Rutinkan berenang sebelum hari keberangkatan. (*)

UPN-Veteran-Yogyakarta.jpg

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Berita Haji Terbaru