Waspada, Ini Penyakit yang Mengintai JCH Indonesia

Senin, 30 Mei 2022 - 19:52 | 66.20k
Waspada, Ini Penyakit yang Mengintai JCH Indonesia
Sakit saat menjalankan ibadah haji (Foto: Dok. kemkes)

TIMES HAJI, JAKARTA – Meski kasus covid-19 sudah mulai landai di beberpa negara, namun jemaah calon haji JCH Indonesia tetap disarankan memakai masker. Sebab ada beberapa penyakit yang menyerang JCH. 

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1430 H Bidang Kesehatan, dr Barita Sitompul saat ditemui tim Media Center Haji di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekah, Minggu (25/10). Ia mengungkapkan beberapa penyakityang mengintai selain covid- 19 adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). 

"Untuk mencegah ISPA jemaah harus menjaga daya tahan tubuh dengan makan bergizi, istirahat cukup, dan menjaga kebersihan," ujar Barita. 

Selain kedua penyakit tersebut JHC Indonesia juga harus waspada dengan serangan jantung, hipertensi, heat stroke, influenza, meningitis serta kolera. 

Karena itu JCH Indonesia tak hanya disarankan untuk menjaga kesehatan dengan makanan bergizi dan istirahat cukup, tapi juga sudah diwajibkan untuk melakukan vaksinasi lengkap. 

Barita juga menambahkan, setiap jemaah haji telah dibekali tas obat pertolongan pertama lengkap dengan 30 lembar masker. Meski demikian, Barita mengingatkan pada jemaah untuk tetap membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi. 

Diimbau juga pada JCH Indonesia untuk menghindari kerumunan sebagai antisipasi penularan covid-19 dan ISPA. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru