JCH Indonesia dengan Hipertensi Diminta Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Selasa, 31 Mei 2022 - 11:58 | 54.63k
JCH Indonesia dengan Hipertensi Diminta Kurangi Konsumsi Makanan Asin
Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang memiliki riwayat penyakit hipertensi harus membatasi konsumsi makanan asin atau tinggi garam. (Eleonora Festari/EyeEm/Getty Images)

TIMES HAJI, JAKARTAJemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang memiliki riwayat penyakit hipertensi harus membatasi konsumsi makanan asin atau tinggi garam sebelum berangkat dan saat berada di tanah suci.

Calon haji dengan riwayat hipertensi juga dianjurkan mengonsumsi banyak air dan perlu mengatur pola tidur dengan baik.

"Selain itu juga perlu menghindari stres," kata Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto dr. Andreas, Sp.PD seperti dikutip dari Antara, Rabu (30/5/2022).

Andreas juga mengingatkan perlunya mengonsumsi obat rutin secara teratur sebelum berangkat ke Tanah Suci hingga nantinya kembali ke Tanah Air.

"Obat rutin harus selalu dibawa dan juga diminum secara teratur," katanya.

Sementara itu dia juga mengingatkan perlunya menjaga pola hidup bersih dan sehat serta disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Pola hidup bersih dan sehat serta penerapan protokol kesehatan masih perlu menjadi perhatian mengingat pandemi belum berakhir terutama bagi mereka yang memiliki komorbid seperti hipertensi, harus terus disiplin," katanya.

Andreas juga mengingatkan agar calon haji dengan riwayat hipertensi untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat guna memastikan kondisi kesehatannya.

"Jika diperlukan sebaiknya melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat sebelum berangkat ke Tanah Suci guna memastikan kondisi kesehatan dengan demikian maka diharapkan ibadah haji dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Andreas juga mengingatkan perlunya memperhatikan kondisi fisik serta faktor cuaca dan iklim selama beribadah di Tanah Suci.

"Pasien dengan riwayat hipertensi perlu memastikan untuk beristirahat dengan cukup dan patuh minum obat agar tidak mengalami kekambuhan," katanya. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru