Kedatangan JCH Indonesia dimulai, Konjen RI Jeddah Sambut Rombongan Pertama Asal Embarkasi Solo

Senin, 13 Juni 2022 - 08:18 | 44.52k
Kedatangan JCH Indonesia dimulai, Konjen RI Jeddah Sambut Rombongan Pertama Asal Embarkasi Solo
JCH Indonesia berangkat dari Madinah menuju Makkah. (FOTO: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, JAKARTA – Kedatangan 358 Jemaah Calon Haji Indonesia atau JCH Indonesia asal Kabupaten Pati yang tergabung dalam kloter pertama embarkasi Solo (SOC 1) menandai dimulainya fase kedatangan jemaah di Makkah.

Keberangkatan JCH Indonesia kloter pertama embarkasi Solo menuju Makkah ini menggunakan 8 bus dari Bir Ali Madinah pada pukul 17.35 Waktu Arab Saudi (WAS).

JCH Indonesia tiba di Hotel Makkah pada Minggu (12/6/2022) malam pukul 23.00 WAS dan disambut oleh Konjen RI di Jeddah Eko Hartono dan Ketua Muassasah Asia Tenggara Adnan Manduro. Hadir, Kepala Daker Makkah Muhammad Khanif dan jajaran pimpinan maktab.

JCH-IndonesiaHaji-2.jpgKonjen RI di Jeddah Eko Hartono dan jajarannya menyambut kedatangan JCH Indonesia di Makkah. (FOTO: dok. Kemenag)

“Ini rombongan pertama jemaah kita yang bergerak dari Madinah menuju ke Makkah,“ ucap Eko Hartono di Makkah dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/6/2022).

“Ini adalah kloter pertama yang datang ke Madinah pada 4 Juni 2022. Mereka dari embarkasi Solo. Kami juga menyambut rombongan pertama ini," sambungnya.

Eko Hartono berharap JCH Indonesia dapat beribadah dengan baik serta diberikan kesehatan hingga seluruh rangkaian ibadah haji dalam berjalan dengan lancar.

JCH-IndonesiaHaji-3.jpgIlustrasi JCH Indonesia. (FOTO: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

Tidak lupa, Eko juga mengingatkan bahwa haji adalah ibadah fisik. Karenanya, semangat beribadah harus diimbangi dengan kemampuan menjaga diri. Apalagi, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Meski pandemi Covid-19 mereda, tetap hati-hati agar kita tidak tertular. Perlu kedisiplinan jemaah. Jaga stamina. Jika tidak diperlukan jangan berkerumun,“ pesan Eko kepada JCH Indonesia kloter pertama embarkasi Solo yang telah tiba di Makkah. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru