CJH Indonesia: Terima Kasih Presiden dan Gus Menteri Agama

Selasa, 21 Juni 2022 - 09:34 | 77.09k
CJH Indonesia: Terima Kasih Presiden dan Gus Menteri Agama
Petugas Haji Indonesia melaksanakan tawah, saat pertama tiba Makkah. (foto: Furqon Kusuma/MCH 2022/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, MADINAH – Kalimat ucapan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan dan Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas, dari para jemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia) di tanah suci, mulai disampaikan, setelah para jemaah menikmati pelayanan, fasilitas yang memuaskan selama menjalani ibadah haji, baik di Madinah dan di Makkah.

Pelayanan dan mendapatkan fasilitas terbaik itu dirasakan jemaah mulai dari naik pesawat hingga berada di Madinah dan Makkah.

"Sejak turun dari pesawat, tiba di Bandara Madinah, sudah dilayani luar biasa oleh para petugas Indonesia. Alhamdulillah dan terima kasih pada Presiden Jokowi, Menteri Agama dan semua petugas haji, sudah melayani dengan ramah dan memberikan fasilitas luar biasa dan memuaskan," kata Fathullah, seorang jemaah calon haji, dari Kota Malang, Jawa Timur, ditemui TIMES Indonesia, di Hotel Pullman Zamzam, Madinah, Senin (20/6/2022) malam.

Kepada Gus Menteri, begitu Fathullah menyebut Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, semoga pelayanan dan fasilitas seperti tahun 2022, bisa dipertahankan untuk musim haji tahun depan. "Tidak usah ditingkatkan, dipertahankan seperti tahun ini sudah sangat luar biasa," katanya.

JCH-Indonesia-1.jpg

Hal yang sama juga disampaikan Afandi, dari Embarkasi Solo (SOC), asal Yogyakarta. Ia menyampaikan terima kasih kepada para petugas haji sudah melayani dengan ramah dan santun. "Semoga Allah yang membalasnya, susah setia melayani tamu Allah," katanya.

Afandi juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI, Jokowi dan Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas, yang telah berjuang bagaimana jemaah Indonesia bisa melaksanakan haji setelah 12 tahun menunggu dan dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19. 

"Terima kasih pak Presiden Jokowi, Gus Menteri Agama, pemerintah Arab Saudi juga. Semoga Kouta haji Indonesia untuk tahun depan, bisa ditambah. Terima kasih pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk tamu Allah. Baik di Madinah dan di Makkah," kata pria yang setia memakai blangkon khas Jogja itu.

Sementara itu, H Pardian Al Hudri, jemaah dari Embarkasi Bekasi (JKS 13) Jawa Barat, juga berkali-kali menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Agama. Apalagi, ia bernasib baik saat haji tahun ini. Walau ia haji reguler, tapi mendapatkan hotel berbintang lima, di Pullman Zamzam Hotel.

JCH-Indonesia-2.jpg

"Ini terjadi baru haji tahun ini. Saya haji 13 kali, baru merasakan kamar hotel bintang lima saat ini. Terima kasih Pak Presiden Jokowi dan Pak Menteri Agama. Saya juga lihat hotel-hotel jemaah lain, walau tidak hotel bintang lima, sudah sangat mewah. Makanannya juga khas Nusantara. Harus dipertahankan yang seperti ini," katanya.

Terakhir, pengakuan Dachlan Idrus, jemaah asal Bekasi, yang diantar warga Arab Saudi ke kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, karena tak tahu arah akan pulang ke hotelnya, mengaku sangat berterima kasih kepada para petugas yang dengan ramah melayani dirinya, diantar hingga ke hotel dan bisa bertemu lagi dengan istrinya.

"Terima kasih petugas haji Indonesia. Saya muter-muter cari hotel gak ketemu. Saya jalan saja. Semakin jauh dari masjid Nabawi.  Ditolong sama orang Arab dan dibawa ke kantor ini," kata pria yang sudah berumur 64 tahun itu.

Dachlan mengaku sempat sombong, tidak akan tersesat jika akan pulang ke hotel. Ia memang mantan atlet sepeda saat masih mudanya. Kuat jika harus jalan kaki jauh. "Ternyata di tanah suci gak boleh sombong. Saya rasakan sendiri. Gak boleh sombong kuat jalan kaki. Akhirnya, saya gak kuat jalan kaki jauh di sini," katanya.

JCH-Indonesia-3.jpg

Berkah ditolong warga Arab itu, Dachlan bisa diantar ke kantor haji Indonesia, Daker Madinah. "Terima kasih ya? Saya sudah dikasih makan dan minum dan mau diantar ke hotel. Istri saya menangis khawatir saya hilang," katanya.

Saat akan diantar pulang ke hotelnya, Dachlan juga menyampaikan terima kasih pada Presiden RI Jokowi, Menteri Agama, sudah memberangkatkan saja haji. "Selama 12 tahun saya menunggu. Alhamdulillah saya berangkat sama istri. Terima kasih pak Jokowi dan Menteri Agama," ucap Dachlan sembari masuk mobil untuk menuju hotel, tempat ia tinggal.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru