Prakiraan Suhu Makkah dan Madinah 43 Derajat Celsius Selama Musim Haji 2022

Rabu, 22 Juni 2022 - 09:09 | 63.91k
Prakiraan Suhu Makkah dan Madinah 43 Derajat Celsius Selama Musim Haji 2022
Jemaah Calon Haji Indonesia. (Foto:Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, JAKARTA – Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi (NCM) melaporkan, suhu di Makkah dan Madinah diprakirakan akan mengalami peningkatan hingga mencapai 43,2 derajat Celcius selama musim Haji 2022.

Laporan NCM menyebutkan, suhu rata-rata permukaan di Makkah pada bulan Dzulhijjah mendatang akan lebih tinggi dari rata-rata dengan peningkatan hingga seperempat derajat. Sedangkan frekuensi turun hujan akan berada di sekitar suhu rata-rata dengan angin permukaan, serta sering disertai badai pasir.

Sebagaimana diberitakan Saudi Gazette, Selasa (21/6/2022),  NCM melaporkan bahwa suhu rata-rata akan mencapai maksimum pada bulan Dzulhijjah adalah 43,2 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari cenderung relatif sedang, dengan suhu minimum rata-rata 28,8 derajat Celcius.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa kelembaban relatif tertinggi yang tercatat di Makkah selama bulan ini adalah 93 persen, sedangkan kelembaban relatif terendah adalah enam persen.

Sementara itu, rata-rata suhu di Madinah ditaksir mencapai 43 derajat Celsius, dengan rata-rata suhu minimum di wilayah itu mencapai 29,8 derajat Celsius.

Walaupun demikian, hujan masih akan berlangsung seperti rata-rata, disertai dengan angin dan badai pasir.

Data iklim Madinah menunjukkan bahwa kelembaban relatif tertinggi yang tercatat selama bulan ini adalah 92 persen, sedangkan kelembaban relatif terendah adalah satu persen.

Ibadah haji sendiri bakal dimulai pada 7 Juli mendatang. Pemerintah Arab Saudi melakukan berbagai persiapan untuk menyambut jemaah, salah satunya dengan mengangkat Kiswah, kain penutup Ka'bah. (*)

Pewarta :
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Berita Haji Terbaru