Jemaah Kehilangan Uang, Ada juga yang Kehilangan Surat Tanah

Rabu, 22 Juni 2022 - 12:47 | 58.75k
Jemaah Kehilangan Uang, Ada juga yang Kehilangan Surat Tanah
Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia (ilustrasi). (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, MADINAH – Aneh-aneh aja yang terjadi pada jemaah calon haji Indonesia JCH Indonesia. Selain kehilangan uang, juga ada jemaah yang kehilangan surat tanah. Kenapa sih bawa surat tanah ke tanah suci. Mau diapakan surat tanahnya?

Dari keterangan Kepala Daerah Kerj (Kadaker) Madinah, Amin Handoyo, di Madinah, Selasa (21//6/2022), memang banyak laporan jemaah kehilangan uang dan barang-barang bawaannya. "Tapi Alhamdulillah, barang yang hilang ditemukan," katanya.

Anehnya cerita Amin, yang hilang bukan hanya uang. Tapi ada yang kehilangan surat tanah yang dibawa dari tanah air. "Tak habis pikir, kenapa kok bawa surat tanah ke tanah suci. Mau diapakan?," kata Amin dengan nada heran.

Uang jemaah senilai Rp17 juta beserta surat tanah senilai ratusan juta yang sempat tertinggal di salah satu Hotel Madinah sudah diketemukan. Harta milik jemaah Solo ( SOC-04) itu diketemukan lalu dikembalikan oleh pihak hotel ke petugas haji di Daker Madinah.

“Alhamdulillah, pihak Silver Tabah Hotel Madinah telah mengembalikan harta jemaah yang tertinggal saat berangkat menuju ke Makkah. Harta itu berupa uang sebesar Rp17 juta dan surat tanah senilai ratusan juta," terang Amin.

Menurut Amin, harta jemaah tersebut telah diantarkan oleh Manager Silver Tabah Hotel Madinah Taufiq Mitsari Assha'idi, ke Daker Madinah pada Sabtu, 20 Juni 2022.

Temuan tersebut akan segera dikirim ke Makkah untuk diberikan kepada jemaah. "Sebagai bentuk apresiasi, kami telah menerbitkan sertifikat penghargaan dan terima kasih kepada Taufiq Mitsari Assha'idi selaku Manager Silver Tabah Hotel Madinah," tegas Amin Handoyo.

Amin menambahkan, apa yang dilakukan pihak hotel tersebut, adalah contoh baik dan bentuk tanggung jawab. Jamaah pun merasa aman dan tidak dirugikan. Ia berharap, semoga pihak hotel lainnya bisa mencontoh hal baik tersebut. 

"Bagi jemaah (JCH Indonesia), mohon untuk lebih hati-haji jika membawa barang. Tidak menaruh barang disembarang tempat dan lupa. Jika ada kejadian kehilangan, segera lapor ke petugas. Biar ditangani oleh petugas," katanya. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Berita Haji Terbaru