Suasana Suka Cita Iringi Pemberangkatan JCH Banyuwangi

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:41 | 49.58k
Suasana Suka Cita Iringi Pemberangkatan JCH Banyuwangi
Pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Laila Yasmin/ TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, BANYUWANGI – Sebanyak 444 Jemaah Calon Haji atau JCH Banyuwangi diberangkatkan pada Rabu, (22/6/2022). Calon tamu Allah SWT tersebut dilepas oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di depan Kantor Pemkab Banyuwangi.

Dengan menggunakan 10 bus, pagi ini JCH dilepas untuk melakukan perjalanan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan dijadwalkan akan tiba pada pukul 18.00 WIB malam nanti 

Suasana haru dan penuh syukur menyelimuti selama pelepasan, pasalnya setelah tertunda selama 2 tahun karena ditiadakannya perjalanan haji karena wabah Covid-19, tahun ini JCH sudah dapat diberangkatkan menuju tanah suci.

Suasana-pemberangkatan-jamaah-calon-haji.jpgSuasana pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Laila Yasmin/ TIMES Indonesia)

Bupati Ipuk didampingi oleh Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Fouri Millewa, Dandim 0825  Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan,

Juga Sekretaris Daerah Mujiono, Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi M. Amak Burhanuddin, Tak lupa Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi Muh. Yamin, serta Ketua Ikatan Pemandu Haji Indonesia (IPHI), Teguh Sumarno pun turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ipuk berpesan, supaya jamaah menjaga diri dan kesehatan ketika menjalankan ibadah haji. 

"Di sana bapak ibu akan berkumpul dengan para jamaah haji dari berbagai negara. Jaga diri, lakukan banyak kebaikan. Karena ibu dan bapak membawa nama bangsa Indonesia," katanya.

Ipuk juga menitipkan permohonan agar jamaah senantiasa mendoakan kebaikan untuk Banyuwangi dan Indonesia. 

Suasana-pemberangkatan-jamaah-calon-haji-2.jpgSuasana pemberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Banyuwangi. (FOTO: Laila Yasmin/ TIMES Indonesia)

"Mohon doakan Banyuwangi, Jawa Timur dan Indonesia. Kami sebagai pemimpin, tolong doakan juga agar senantiasa amanah dan memberikan manfaat bagi warga. Mudah-mudahan Allah selalu menjaga dan merahmati kita semua," harap Ipuk. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi, Amak Burhanuddin menyampaikan "Kloter pertama yakni kloter 24 sudah berangkat 19 Juni lalu. Jumlahnya 35, berangkat bareng rombongan Situbondo. Sekarang sudah di tanah suci, sedangkan yang diberangkatkan hari ini adalah kloter 28 yang masuk ke dalam gelombang kedua". 

Untuk jadwal pemulangan, kloter 24 akan diberangkatkan kembali pada Senin 1 Agustus mendatang pukul 21.35 WIB. Dan kloter 28 akan diberangkatkan pada Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 01.00 WIB.

Terkait persiapan, para CJH telah dibekali informasi seputar kondisi di tanah suci. 

"Kami sudah informasikan suhu udara di Arab Saudi saat ini sedang tinggi, 40 derajat celsius. Kami ingatkan untuk perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Tak lupa serta untuk kesehatan, mereka kami minta untuk mengenakan alas kaki  yang layak untuk menghindari melepuh pada kaki," pungkasnya.

Untuk JCH Banyuwangi, selamat menjadi Tamu Allah. Semoga menjadi haji yang mabrur ya!. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Berita Haji Terbaru