Sebanyak 409 JCH Banyumas Diberangkatkan dari GOR Satria

Rabu, 22 Juni 2022 - 17:07 | 35.90k
Sebanyak 409 JCH Banyumas Diberangkatkan dari GOR Satria
Calon Haji Banyumas diberangkatkan hari ini, Bupati lepas jamaah Kloter 29. (FOTO Nur Nazifa For TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, BANYUMAS – Kloter 29 yang berisi 356 jemaah calon haji atau JCH Banyumas dilepas Bupati Achmad Husein pada Rabu pagi (22/6/2022) dari halaman GOR Satria Purwokerto.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Husein, kepala Kemenag dan undangan lainnya.

Sebelumnya pada dinihari, sebanyak 53 calon jamaah haji diberangkatkan oleh Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Tri Lastiono pada pukul 00.00 WIB dan bergabung dengan calon jamaah haji asal Kebumen.

Kloter 29 berjumlah 356 jamaah yang terdiri dari 149 jamaah laki-laki dan  sebanyak 207 orang jamaah perempuan semua berasal dari Kabupaten Banyumas.

Calon-Haji-Banyumas-2.jpg

Dari segi usia, rinciannya terdiri dari 299 jamaah berusia di bawah 50 tahun dan 57 jamaah berusia di atas 50 tahun. Jamaah termuda dari kloter ini berusia 19 tahun, Muhammad Isa, yang berasal dari Petarangan, Kemranjen.

Untuk jamaah tertua yakni Agus Fatoni dari Rawalo. Pemberangkatan haji kali ini menjadi suatu kesempatan yang istimewa pasalnya, untuk pertama kalinya semenjak pandemi covid 19 ibadah haji kembali dilaksanakan.

Bupati Banyumas turut merasakan kebahagiaan dari para jamaah yang sudah menunggu lama kesempatan ini dan akhirnya hari yang dinanti pun tiba.

Mengingat masih dalam situasi pandemi, Husein berpesan kepada para jamaah calon haji untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kondisi fisik agar tetap fit selama menjalankan ibadah.

"Saya berpesan untuk disiplin dalam mengatur waktu dan istirahat yang cukup, jangan memaksakan diri jika memang tidak fit. Satu yang sering diremehkan yaitu air minum. Perbanyak minum mengingat suhu pada musim haji kali ini dalam kondisi yang panas," katanya.

Calon-Haji-Banyumas-3.jpg

Bupati menambahkan agar para jamaah calon haji senantiasa memperbanyak dzikir dan doa, menjaga hati untuk senantiasa tulus dan ikhlas, menjaga lisan dan tingkatkan kesabaran agar bisa mengambil hikmah dari ibadah haji mereka.

Pemberangkatan kloter 29 Embarkasi Solo ini akan diantar langsung oleh Bupati Achmad Husein hingga sampai ke Jogja. Sesampainya di Solo, rencananya akan dijemput oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono.

Husein mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyumas turut mendoakan agar perjalanan para jamaah aman, lancar, tanpa rintangan yang berarti hingga tiba di tanah suci dengan hati yang bahagia dan dalam kondisi yang sehat dan selamat.

"Saya berdoa agar hatinya bahagia dan dapat melaksanakan seluruh rukun dan kewajiban serta sunnah haji yang lain dengan sabar, teliti dan baik. Jangan hanya mencari dari banyaknya. Yang terpenting, yakinkan diri dan jalani dengan  sabar, agar predikat mabrur dan mabruroh benar-benar diraih sampai akhir  hayat," ujar Husein.

Harapannya, para jamaah dapat kembali ke Banyumas dalam kondisi yang sehat dan bahagia serta selamat. Dapat berkumpul kembali dengan keluarga. Bupati juga mengimbau kepada bapak ibu jamaah untuk menyampaikan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pemerintah.

"Jika memang terdapat hal yang tidak berkenan dari Pemkab, mohon disampaikan untuk menjadi evaluasi dan dapat melayani para jamaah lebih baik lagi di tahun selanjutnya," ujar Bupati saat melepas para JCH Banyumas. (*)

Pewarta : Sutrisno
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Berita Haji Terbaru