Jemaah Haji Meninggal Bertambah Jadi 9 Orang

Rabu, 22 Juni 2022 - 17:44 | 74.44k
Jemaah Haji Meninggal Bertambah Jadi 9 Orang
Pemakaman Al Sharaea Cemetery Makkah. (Foto: Soamaps.com)

TIMES HAJI, JAKARTA – Hingga saat ini, sudah ada sembilan jemaah calon haji (JCH Indonesia) yang meninggal dunia. Meninggal dunia di Madinah ada delapan jemaah dan satu meninggal di Makkah.

Satu jemaah yang meninggal di Makkah adalah Suharno Muhammad Sudjin, jemaah calon haji dari kloter 10 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 10). Ia meninggal dunia di Kantor Kesehatan Haji Indonesia Mekkah pada Selasa (21/6/2022) pukul 22.28 Waktu Arab Saudi.

Suharno (63) merupakan jemaah yang pertama tercatat meninggal di Makkah. Sebelumnya, delapan jemaah calon haji meninggal di Madinah maupun dalam perjalanan ke Tanah Suci.

Menurut Kepala Daerah Kerja Makkah, Mukhammad Khanif, Rabu (22/6/2022) mengatakan, bahwa almarhum meninggal dunia karena sakit jantung.

"Jemaah dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia pada 20 Juni pukul 14.30 WAS dengan komorbid berat," jelas Khanif.

Pada Selasa (21/6/2022) pukul 21.00 WAS terjadi henti jantung, diberikan pertolongan CPR dan obat emergency, lalu pasien dirujuk ke RS Al Noor Makkah.

Khanif menambahkan bahwa tindakan pertolongan kemudian dilanjutkan oleh tim RS Al Noor dan Tim rujuk KKHI. "Setelah upaya maksimal, pasien dinyatakan wafat pukul 22.28 WAS," kata Khanif.

Jenazah JCH Indonesia akan dimakamkan di Al Sharaea Cemetery Makkah. "Semoga jemaah sehat selalu dan angka jemaah yang meninggal tidak tinggi," harap Khanif. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru