10 Kuliner Khas Arab Saudi, JCH Indonesia Wajib Coba

Kamis, 23 Juni 2022 - 03:33 | 78.72k
10 Kuliner Khas Arab Saudi, JCH Indonesia Wajib Coba
Nasi Kebuli Arab. (Instagram/@fraucooks)

TIMES HAJI, MADINAH – Selama di Tanah Suci, makanan JCH Indonesia sudah dipersiapkan dengan menu khas Nusantara. Namun tak ada salahnya jika jemaah sekali-kali mencoba kuliner khas Arab Saudi

Makanan dari Arab Saudi terkenal dengan rasa yang kuat dan berani. 

Beberapa kuliner khas jazirah Arab memang sudah banyak dijumpai di Indonesia. Seperti nasi kebuli yang sudah sangat populer di Tanah Air. 

Apa saja makanan khas Arab Saudi?

1. Nasi Kebuli

Tentunya kita sudah tak asing dengan nasi kebuli ya. Banyak orang Indonesia yang sudagh lihai mengolah nasi kebuli. Bahkan beberapa daerah memasukkan nasi kebuli sebagai hidangan wajib pada acara istimewa, seperti pernikahan. 

Namun nasi kebuli yang ada di Arab Saudi sedikit berbeda. Kebuli Arab Saudi punya rasa kambing yang lebih strong. Sebab nasi ditanak dengan kaldu kambing, susu kambing dan minyak samin. Ditambah rempah seperti bawang putih, bawang merah, cengkeh, jintan, ketumbar, pala, lada hitam, hingga kayu manis.

2. Falafel

Falafel sejenis roti lapis dengan bahan daging giling yang dibentuk bola. Falafel biasanya diisi sayuran selada. 

3. Hummus

Hummus.jpg

Makanan sehat ini terbuat dari kacang arab atau chickpea. Disajikan unik bersama bahan seperti lentini, tahini, minyak zaitun, garam, air lemon, dan bawang putih. 

Bentuknya mirip seperti bubur, tetapi sedikit lebih kasar, memiliki tekstur, dan berminyak. Di Timur Tengah, hummus bukanlah makanan utama. Biasanya hummus dijadikan makanan pendamping dengan tambahan roti atau keripik untuk menikmatinya.

4. Malari Parartha

Kuliner ini sangat mirip dengan roti maryam. Biasanya disajikan bersama kari kambing khas Timur Tengah

5. Samosa Arab

Samosa termasuk camilan yang berisi daging campur giling dengan bumbu rempah gurih. 

6. Manakeshh

Manakeesh.jpg

Manakeshgh disebut juga pizza Arab, sebab memang mirip dengan pizza sengan adonan roti yang dipipihkan hingga berbentuk lingkaran. 

Manakeshh dibagi beberapa jenis, ada  Zaatar Manakeesh dengan toping rempah-rempah, hingga Akawi Manakeesh, dengan topping keju atau daging. 

7. Muttabaq

Kalau di Indonesia makanan ini disebut martabak. Bedanya muttabaq isiannya hanya daging, dan disajikan bersama kuah kari dengan rasa pedas. 

8. Luqaimat

Kuliner ini cocok bagi Anda yang suka manis. Bentuknya bulat-bulat, dengan adonan mirip donat. 

Bedanya camilan ini akan disiram saus kurma saat disajikan. Hmm... manis!

9. Hallaoumi Grilled

Hallaoumi bisa berasal dari susu kambing, domba ataupun campuran. Akan tetapi, Hallaoumi ini melalui poses fermentasi, hampir mirip seperti yogurt.

10. Kushari

Kushari.jpg

Kushari adalah makanan unik yang terbuat dari nasi, makaroni, lentil coklat dan pasta yang dicampur secara bersamaan, biasanya pasta yang digunakan pun cukup bervariasi, ada yang menggunakan makaroni, spagetti, pipe rigate, ataupun rigatoni. 

Tak lupa dibagian atasnya terdapat saus tomat-cuka yang akan menambah cita rasa hidangan menjadi sedikit pedas dan asam, juga taburan bawang goreng renyah dan kacang Arab (chikpeas). 

Itulah kuliner khas Arab Saudi yang bisa dicoba JCH Indonesia saat di Tanah Suci. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru