Inilah Kisaran Harga Layanan Jasa Pendorong Kursi Roda bagi JCH Indonesia

Kamis, 23 Juni 2022 - 15:03 | 42.40k
Inilah Kisaran Harga Layanan Jasa Pendorong Kursi Roda bagi JCH Indonesia
Ilustrasi JCH Indonesia yang menggunakan kursi roda. (FOTO: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, JAKARTA – Sebagai upaya antisipasi dari hal-hal yang merugikan Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) dalam melaksanakan tawaf dan sai khususnya yang membutuhkan layanan jasa pendorong kursi roda, Pemerintah Indonesia telah mengimbau JCH Indonesia untuk menggunakan layanan jasa resmi pendorong kursi roda di Masjidil Haram.

"Waktu layanan dari sore hari setelah waktu ashar sampai dengan malam hari. Sedangkan pagi dan siang hari tidak ada dikarenakan cuaca yang sangat panas," ucap Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan persnya di Media Center Haji, Asrama Haji Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Fauzin, sapaan akrabnya mengatakan, JCH Indonesia yang memerlukan jasa layanan pendorongan kursi roda dapat langsung menuju Terminal angkutan sholawat.

"Ada petugas haji Sektor Khusus Masjdil Haram yang bersiap 24 jam untuk melayani jemaah. Mereka akan memfasilitasi dan mendata, selanjutnya menghubungkan jemaah dengan jasa resmi pendorongan kursi roda Masjidil Haram," kata Fauzin.

Haji.jpgPetugas Haji Indonesia melaksanakan tawah, saat pertama tiba Makkah. (FOTO: Furqon Kusuma/MCH 2022/TIMES Indonesia)

Fauzin mengungkapkan setiap JCH Indonesia yang hendak menggunakan layanan jasa pendorong kursi roda dapat menyiapkan uangnya dengan kisaran harga antara SAR200 sampai dengan SAR250 atau setara Rp791 ribu hingga Rp989 ribu.

"Biaya tersebut tergantung situasi sepi atau ramainya pengguna jasa," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Karo HDI Setjen Kemenag).

Fauzin menerangkan, apabila di terminal tidak terdapat jasa resmi pendorongan kursi roda, petugas Sektor Khusus akan mencarikan ke dalam Masjidil Haram dan JCH Indonesia dapat menunggu. Guna mengetahui lebih lanjut, jemaah bisa menanyakannya melalui WA Center di nomor +966 503 5000 17. 

"Informasi ini diberikan agar jemaah memahami keberadaan jasa pendorong kursi roda resmi dan terhindar dari praktik percaloan yang kadang jauh lebih mahal dan ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab,” terang Fauzin kepada JCH Indonesia yang membutuhkan layanan jasa pendorong kursi roda. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru