Jelang Keberangkatan, JCH Kota Banjar Kumpulkan Koper di Kemenag

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:12 | 49.24k
Jelang Keberangkatan, JCH Kota Banjar Kumpulkan Koper di Kemenag
Salah seorang JCH tengah mengumpulkan koper miliknya yang ditandai dengan gelas plastik warna pink untuk memudahkannya nanti menemukannya. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, BANJAR – Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH) asal Kota Banjar sore ini mengumpulkan koper yang membawa perlengkapan ibadah haji ya di Kantor Kemenag Kota Banjar, Kamis (23/6/2022).

Melalui Plt Kasi PHU Kemenag Kota Banjar, H Abdul Mubarir S.Ag dijabarkan bahwa pengumpulan koper dibatasi sampai pukul 17.30 WIB.

"Mudah-mudahan sore ini 89 koper dari JCH sudah terkumpul semua," jelasnya kepada TIMES Indonesia.

Apabila sudah terkumpul semua, pihaknya akan mengemas ke kendaraan truk dan dikirim ke Embarkasi Bekasi.

"Karena memang koper ini harus sampai duluan 24 jam sebelum jemaah tiba disana sehingga koper ini kita dahulukan agar tidak terlambat sampai disana," katanya.

JCH-Kota-Banjar-4.jpg

Koper yang sudah dikumpulkan dalam kondisi terkunci dengan ciri atau tanda khas yang dipasang masing-masing jemaah calon haji agar mudah ditemukan saat nanti mereka mengambil kopernya.

Ada yang memasang syal, gelas plastik, dan tanda lainnya yang cukup unik untuk para jemaah agar mudah menemukan kopernya.

Pihaknya tidak melakukan pemeriksaan isi koper, namun sebelumnya telah diberikan edukasi kepada para jemaah barang apa saja yang bisa dibawa dan dilarang.

"Diperiksanya di Embarkasi tapi untuk mengantisipasi sudah kami lakukan sosialisasi dulu sebelumnya," terangnya.

Setiap koper yang dibawa jemaah haji dibatasi 30 Kg/orang dan untuk tentengan dibatasi maksimal 7 Kg.

Rencana keberangkatan jemaah calon haji asal Kota Banjar yaitu pada Jumat malam sekira pukul 22.30 WIB dengan titik kumpul di Masjid Agung Kota Banjar.

"Perkiraan masuk ke Embarkasi pada hari Sabtu pada pukul 09.00 WIB dan berangkat ke Bandara pada hari Minggu pukul 02.20 WIB dan take off pukul 07.20 WIB sampai tiba di Arab Saudi sekira pukul 12.00 Waktu setempat," jabarnya.

Adapun hasil pemeriksaan PCR dan Wanita Usia Subur (WUS) pada JCH Kota Banjar, lanjut Kasi PHU, telah dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjar dan hasilnya negatif semua.

"Jadi hasilnya Alhamdulillah semuanya sehat, tidak ada yang terpapar dan tidak ada yang tengah hamil," katanya. (*)

Pewarta : Susi Artiyanto (MG-348)
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru