Payung Listrik di Masjid Nabawi Halau Panas yang Menyengat

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:01 | 40.69k
Payung Listrik di Masjid Nabawi Halau Panas yang Menyengat
Payung listrik di Masjid Nabawi.

TIMES HAJI, MADINAH – Suhu di Madinah diperkirakan sekitar 43 derajat celcius selama musim haji 2022. Suhu yang menyengat itu tentunya membuat jemaah tak nyaman sehingga dituntut memiliki kondisi tubuh yang fit. Beruntung, di Masjid Nabawi saat ini sudah dilengkapi payung listrik yang dapat menghalau teriknya matahari. 

Sedikitnya ada 250 payung yang dipasang di pelataran Masjid Nabawi. Payung itu punya ketinggian 14,40 meter dan yang lainnya 15,30 meter. Sedang ketinggian payung saat dilipat akan mencapai 21,70 meter.

Masjid-Nabawi-2.jpg

Payung tersebut dipasang di pilar beton itu dilengkapi dengan kipas yang meniupkan udara bercampur dengan tetesan air dingin. Kipas ini mengolah sekitar 200 liter air per jam.

Kipas itu menggunakan teknologi otomatis akurat yang menyerap energi panas udara dan mengurangi suhu. 

Fasilitas payung listrik itu dapat dinikmati lebih dari 500 ribu jemaah yang beribadah di Masjid Nabawi. 

Masjid-Nabawi-3.jpg

Sejak beberapa tahun lalu, payung tersebut menjadi ikon baru Masjid Nabawi, itu karena banyak jemaah yang mengabadikannya dalam bingkai foto dengan keterangan "Masjid Nabawi". 

Suhu di Masjid Nabawi jauh lebih bersahabat sejak adanya payung listrik tersebut. Ditambah dengan lantai marmer dingin yang mampu mencegah penyerapan sinar matahari. Semua fasilitas terbaik itu dipersiapkan demi kenyamanan jemaah haji dan umrah. (*) 

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru