PPIH Imbau JCH Indonesia untuk Banyak Istirahat dan Tidak Melakukan Ibadah Berulang-Ulang

Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:30 | 90.00k
PPIH Imbau JCH Indonesia untuk Banyak Istirahat dan Tidak Melakukan Ibadah Berulang-Ulang
JCH Indonesia yang perlu penanganan kesehatan di KKHI Makkah. (FOTO: MCH 2022/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, JAKARTA – Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin mengimbau Jemaah Calon Haji Indonesia atau JCH Indonesia dengan resiko tinggi terhadap kesehatan agar banyak istirahat sebelum berangkat haji.

“Jemaah yang masih berada di tanah air dan akan berangkat ke tanah suci agar banyak istirahat menjaga kesehatan semaksimal mungkin dan melakukan konsultasi kesehatan sebagai tindakan antisipatif,“ ucap Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji, Asrama Haji Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Ilustrasi-JCH-Indonesia-a.jpgJCH Indonesia yang perlu penanganan kesehatan di KKHI Makkah. (FOTO: MCH 2022/TIMES Indonesia) 

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Karo HDI Setjen Kemenag) mengungkapkan, berdasarkan laporan PPIH bidang kesehatan per hari ini, Sabtu (25/6/2022), sebanyak 61,81 persen JCH Indonesia masuk ke dalam kategori beresiko tinggi terhadap kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fauzin sapaan akrabnya meminta kepada JCH Indonesia yang berada di Madinah untuk istirahat yang cukup serta tidak melakukan aktivitas seperti ziarah yang berulang-ulang dan dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

Ilustrasi-JCH-Indonesia-b.jpgJuru Bicara PPIH Akhmad Fauzin. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia) 

“Ingat, Jemaah yang masih berada di Madinah akan melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat di Bir Ali yang jarak tempuh sampai ke Makkah cukup jauh sehingga perlu kesiapan kesehatan yang prima,“ tuturnya.

“Jemaah yang berada di Makkah, kami imbau agar mengatur irama ibadah salat fardhu di mushola akomodasi atau maktab atau hotel dan di Masjidil Haram. Tidak harus tawaf sunnah berkali-kali tidak harus umroh sunnah berkali-kali yang dapat mengakibatkan jemaah kelelahan berlebih sehingga jatuh sakit,“ imbau Juru Bicara PPIH Akhmad Fauzin terkait kegiatan JCH Indonesia selama di tanah suci. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru