Jelang Puncak Ibadah Haji, Akses Masuk ke Makkah dan Bandara Diperketat

Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:42 | 89.80k
Jelang Puncak Ibadah Haji, Akses Masuk ke Makkah dan Bandara Diperketat
Akses pintu keluar ke Kota Makkah. (FOTO: dok. MCH 2022)

TIMES HAJI, MAKKAH – Pemeriksaan jalur masuk ke Kota Makkah dari Jeddah maupun Madinah semakin diperketat karena mendekati puncak penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M.

Terdapat sekitar tiga titik pemeriksaan dokumen yang dilakukan petugas keamanan setempat bagi para pengendara yang hendak menuju Kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan pantauan tim Media Center Haji (MCH), tim mendapati tiga kali pemeriksaan setiap kendaraan yang menuju Makkah.

Nur Hasan salah seorang warga Indonesia yang sudah lama menetap di Arab Saudi mengatakan, kalau di hari biasa, pos pemeriksaan dokumen biasanya hanya ada satu, tetapi mendekati puncak musim haji yang jatuh pada awal Juli 2022 akan terus diperketat.

Petugas-keamanan-saat-mengecek-kelengkapan-pengendara-dan-penumpang.jpgPetugas keamanan saat mengecek kelengkapan pengendara dan penumpang. (FOTO: dok. MCH 2022).

“Kalau di hari-hari biasa, paling hanya ada satu check point, yang ada di gerbang utama masuk Kota Makkah saja. Tapi kalau semakin dekat puncak haji, jumlah check point diperbanyak, bisa sampai tujuh,“ kata  Nur Hasan.

Menurut pria kelahiran Situbondo, Jawa Timur ini, para penjaga keamanan akan meminta ditunjukkan dokumen pribadi pengendara dan penumpang seperti tasrih alias surat ijin.

“Walhasil, jika pengendara tidak bisa menunjukkan surat izin atau dokumen pribadi lainnya, seperti paspor, maka kendaraan disuruh putar balik dan tidak diperbolehkan memasuki kota Makkah,“ ujarnya.

Lokasi-Checkpoint-menuju-Makkah.jpgLokasi Checkpoint menuju Makkah. (FOTO: dok. MCH 2022)

Hal yang sama juga berlaku untuk akses masuk Terminal Khusus Haji di pintu masuk Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA). Ada check point yang harus dilalui oleh kendaraan yang akan masuk bandara dan hanya yang memiliki izin yang bisa masuk. Padahal, menurut pengalaman Nur Hasan, pada hari-hari sebelumnya, akses masuk bandara masih cukup longgar. Namun sekarang, pengamanan bandara diperketat.

“Petugas haji Indonesia yang tidak memiliki tasrih dilarang masuk ke bandara, biasanya cukup longgar,“ jelas Nur Hasan soal pengetatan akses masuk di KAIA Jeddah dan kota Makkah jelang puncak penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru