Terakhir Berdoa di Raudhah, 27 Juni JCH Indonesia Terpusat di Makkah

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:37 | 109.79k
Terakhir Berdoa di Raudhah, 27 Juni JCH Indonesia Terpusat di Makkah
Antrean jemaah calon haji Indonesia saat akan masuk Raudhah. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, MADINAH – Seluruh jemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia), kloter terakhir yang ada di Madinah, pada Senin (27/6/2022) pagi, akan diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan puncak haji. Momen terakhir di Madinah dimanfaatkan jemaah untuk berdoa di Raudhah, karena usai haji tak lagi balik ke Madinah.

"Ini kloter terakhir di Madinah. Malam ini terakhir juga ke Raudhah. Alhamdulillah bisa masuk bersama-sama dan berdoa semoga sehat melaksanakan puncak haji. Dan jadi haji mabrur," jelas Edi Setiawan (53), Ketua Kloter Embarkasi Batam (BTH 04), ditemui saat antri mau masuk ke Raudhah.

JCH-Indonesia-di-Raudhah.jpg

Edi bersama jemaah lainnya. Dari Kloter 04 ada 450 jemaah. Ke Raudhah, ia membawa 197 jemaah. Untuk jemaah perempuan besok hari sebanyak 257 jemaah.

"Pada tanggal 27 Juni geser ke Makkah pada pukul 06.00 waktu Arab Saudi," jelasnya.

Selain dari Embarkasi Batam, yang juga antri mau masuk Raudhah adalah Embarkasi Bekasi. Ia juga terakhir ke Raudhah dan akan segera didorong ke Makkah. Mengambil Miqat di Bir Ali.

JCH-Indonesia-di-Raudhah-a.jpg

Raudhah, tempat di dalam Masjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada di antara Rumah Nabi, sekarang Makam Rasulullah SAW, sampai mimbar. (foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

Sementara itu, bagi jemaah perempuan, berkesempatan masuk Raudhah pada Minggu (26/6/2022) pagi. Jemaah perempuan tersebut terdiri dari lima kloter, sebanyak 900 jemaah. Mereka sukses masuk Raudhah dengan tertib. Tak ada antrian panjang walau bersamaan dengan jemaah dari negara lain.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Amin Handoyo, kepada Media Center Haji (MCH) di kantor Daker Madinah, Minggu (26/6/2022) pagi, mengayatan pada Senin (27/6/2022) pagi, kloter terakhir di Madinah, akan didorong ke Makkah.

"Pada hari ini akan ada 10 kloter yang diberangkatkan ke Makkah. Besok terakhir pemberangkatan sekitar pukul 8 pagi. Ada lima kloter yang diberangkatkan pada hari terakhir, Senin (27/6/2022). Pemberangkatan ada 4 kloter dari satu titik. Karena semua jemaah ada di satu hotel," jelas Amin Handoyo.

Raudhah-b.jpgSuasana makam Rasulullah. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

Para jemaah tersebut, nantinya akan Miqat di Bir Ali. Dan jemaah hanya akan melewati satu check poin dari Madinah ke Makkah yaitu di Jumun. Kalau dari Jeddah check poinnya di Sumaisy.

"Saat ini diperbatasan masuk Makkah sudah dilakukan pengetatan. Sebetulnya untuk jemaah haji tidak ada check poin. Standar pengetatan tersebut terhadap mereka yang di luar jemaah, yang tidak haji," katanya.

Warga yang bukan jemaah memang dilakukan pengecekan. Dilihat KTP dan surat lainnya. Apakah mereka memiliki surat tinggal di Makkah atau tidak.

"Baju jemaah haji sebenarnya tidak terlalu ketat. Hanya tetap dilakukan pengecekan surat-surat saat akan masuk tanah suci Makkah," jelas Amin.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Berita Haji Terbaru