Amirul Hajj Mulai Konsolidasi Jelang Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji 

Sabtu, 02 Juli 2022 - 21:54 | 119.88k
Amirul Hajj Mulai Konsolidasi Jelang Pelaksanaan Puncak Ibadah Haji 
Tim Amirul Hajj saat tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi. (Foto: MCH 2022)

TIMES HAJI, MAKKAH – Tim Amirul Hajj mulai melakukan konsolidasi menyeluruh terkait persiapan pelaksanaan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

“Kami dari tim Amirul Haj 2022 alhamdulillah sudah tiba di Makkah. Hari ini kami melakukan koordinasi awal dengan Kadaker dan tim pemantau serta pengawas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji),” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, usai memimpin rapat Amirul Hajj di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Wamen, tim Amirul Hajj membawa dua misi khusus selama di Arab Saudi.

“Bagaimana jemaah betul-betul tidak hanya baik dan tertib tapi juga syarat rukun haji terpenuhi. Jadi ada dua hal yang kami pastikan, pertama aspek ibadah, kedua aspek pelayanan panitia yang diberikan pada jemaah haji,” ujar Zainut Tauhid.

Amirul Hajj juga melakukan evaluasi dengan cara menyerap seluruh informasi terkait pelaksanaan haji, baik dari penyelenggara maupun dari para jemaah.

“Kami berkoordinasi dengan lintas sektoral. Juga advokasi jemaah. Pembimbingan jemaah. Dari situlah, kami akan melakukan tugas sebagai tim Amirul Hajj,” ujarnya.

Zainut Tauhid yang menjabat sebagai salah satu Naib Amirul Hajj ini mengatakan, hasil evaluasi sementara menunjukkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kami dapat informasi semua berjalan baik. Bahkan info dari jemaah, mereka dapat pelayanan yang maksimal. Kami dari panitia juga merespon dengan cepat temuan di lapangan,” ujarnya.

Menjelang Armuzna, Amirul Hajj mengimbau para jemaah bisa menghemat energi dan tidak memaksakan selalu ke Masjidil Haram. Sebab, puncak Armuzna membutuhkan energi yang besar.

“Kami mengingatkan jemaah bisa mengatur waktu. Kami akan tetap memberikan hak beribadah semaksimal mungkin. Tapi menjelang wukuf, kami mengimbau agar tidak memaksakan diri pergi ke Haram, sementara beribadah di pemondokan,” ujarnya.

Amirul Hajj 1443 H/2022 M diketuai oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selaku Naib atau wakil, Zainut Tauhid Sa'adi (Wamenag), Muhammad Hilal Al Aidid (Nahdlatul Ulama), dan Agus Taufiqurrahman (Muhammadiyah).

Selaku Sekretaris Amirul Hajj, Ali Hasan Bahar dari UIN Jakarta. Sedangkan anggota terdiri atas: Arif Fachruddin (MUI), Uyun Kamiluddin (Persatuan Islam), Masyhuri Khamis Ahmad Kasim (Al Washliyah), Faisol Nasar (Al Irsyad), Mohammad Mukri Wiryosumarto (UIN Raden Inten Lampung), Muhammad Khoirul Muttaqin (Kementerian Koordinator PMK), dan Oscar Primadi (Kementerian Kesehatan). (*)

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru