Tiba di Arab Saudi Bersama Kloter Terakhir, Menteri Agama: Terima Kasih Raja Salman

Senin, 04 Juli 2022 - 07:03 | 123.68k
Tiba di Arab Saudi Bersama Kloter Terakhir, Menteri Agama: Terima Kasih Raja Salman
Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas saat tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, bersama kloter terakhir jemaah calon haji Indonesia. (Foto: MCH 2022/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, MAKKAHMenteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas sudah tiba di tanah suci Makkah. Ia tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz bersama jemaah calon haji Indonesia (JCH Indonesia)  khusus, kloter terakhir.

Setiba di Arab Saudi, Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammed bin Salman atau akrab dikenal dengan sebutan MBS.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, putra mahkota (Muhammed bin Salman) dan Menteri haji, yang memberikan banyak kemudahan dan membuat pelayanan kita lebih baik kepada jemaah haji Indonesia," katanya saat ditemui awak media di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (4/7/2022) dini hari Waktu Arab Saudi.

Yaqut-Cholil-Qoumas-2.jpg

Di Indonesia jelas Gus Menteri, begitu ia karib disapa, pihaknya sudah banyak dibantu oleh Kedubes Arab Saudi, bisa memberikan fasilitas, agar jemaah bisa beribadah dengan baik dan lancar.

Selain itu, Gus Menteri menyampaikan pesan pada petugas haji dan seluruh jemaah, untuk selalu menjaga kesehatan. "Karena seperti kita tahu, cuaca di Arab Saudi, tidak seperti di tanah air. Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji petugas dan jemaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," katanya.

Petugas jangan lupa jalankan tugasnya sesuai kewajibannya. Yakni, melayani jemaah dengan baik. Karena jika jemaah terlayani dengan baik, jemaah bisa beribadah dengan baik. "Dan kita semua mendapat haji mabrur dan mabrurah," terangnya.

Gus Menteri juga menyampaikan temuannya selama selama ada di pesawat bersama para jemaah reguler kloter terakhir. Jemaah terlihat sangat bahagia dan wajahnya sumringah. 

Yaqut-Cholil-Qoumas-3.jpg

"Tadi saat di penerbangan kloter terakhir, saya menyaksikan di paling belakang pesawat. Saya melihat langsung jemaah sangat sumringah, sangat senang dan gembira. Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang ke tanah air. Saya melihat pelayannya pun sangat baik," katanya.

Diketahui, penerbangan jemaah calon haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Minggu, 3 Juli 2022 siang, menandai berakhirnya fase kedatangan. Total ada 92.668 jemaah calon haji Indonesia reguler yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci, sejak 4 Juni sampai 3 Juli 2022. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru