Heat Stroke Paling Wajib Diwaspadai JCH Indonesia Selama Haji 2022

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:15 | 98.46k
Heat Stroke Paling Wajib Diwaspadai JCH Indonesia Selama Haji 2022
Ilustrasi JCH Indonesia saat melakukan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, JAKARTA – Suhu udara panas di Arab Saudi harus diwaspadai oleh semua jemaah haji, tak terkecuali Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia). Penyakit heat stroke menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. 

Wakil Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr Hani Jokhdar menyampaikan heat stroke menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh jemaah haji. 

"Urutan teratas adalah sakit heat stroke," ujar Hani. 

Hani menambahkan selain penyakit cuaca tersebut, enyakit akibat kecelakaan karena banyaknya lalu lalang jutaan jamaah yang menjalankan ibadah haji. 

"Ranking ketiga penyakit akibat komorbid seperti influenza, diabetes, dan lainnya," terang dia.

Ranking keempat baru Covid-19, dan ranking kelima jantung.

"Kalau untuk Covid, tidak mungkin zero, karena banyak sekali orang berkumpul. Tapi kami tidak terlalu khawatir karena jamaah yang hadir ke sini sudah vaksin dan booster. Petugas haji kita pun juga sudah full vaksin dan booster," imbuhnya.

Sedangkan terkait penyakit jantung, Pemerintah Arab Saudi sudah menyiapkan RS King Abdullah Medical City untuk menangani kasus penyakit jantung yang butuh penanganan khusus. Pemerintah Arab Saudi menggratiskan biaya perawatan dan operasi jamaah yang mengalami sakit jantung.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru