Jemaah: Layanan Haji Mewah, Regular Berasa Haji Plus

Senin, 01 Agustus 2022 - 15:25 | 29.49k
Jemaah: Layanan Haji Mewah, Regular Berasa Haji Plus
Jemaah Haji Indonesia melakukan sujud syukur usai mendarat di tanah air. (foto: Kemenag RI)

TIMES HAJI, JAKARTA – Pelayanan haji yang prima selama musim haji 2022 yang dilakukan pemerintah Indonesia sangat membekas di hati jemaah haji Indonesia.

Pujian disampaikan oleh beberapa jemaah yang yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB 1).

“Alhamdulillah, secara keseluruhan pelayanan dari petugas baik sekali, kalau pun ada kekurangan, hanya beberapa hal kecil yang sifatnya kejadian yang memang tidak bisa diprediksi, seperti mati lampu saat di hotel,” ungkap Juprianto jemaah asal Tuban ini seperti dikutip dari laman haji.kemenag.go.id.

Jupri yang tiba di Indonesia Minggu (17/7/2022) mengatakan, salah satu yang membuatnya puas adalah soal makanan. Selain melimpah, secara menu sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Ini membuatnya merasa selalu berasa di Indonesia.

Mewah

Hal senada disampaikan Citro Wardoyo (52). “Makanan enak," sahutnya sambil tertawa.

Sama halnya dengan Jupri, Citro juga mengungkapkan pengalaman luar biasa saat menjalani haji tahun ini. Ia menilai pelaksanaan haji tahun ini sangat mewah. “Kalau sekarang mewah mas, regular tapi berasa haji plus,” celotehnya.

Hal yang dirasa mewah adalah pelayanan yang menurutnya berbeda dengan pelaksanaan haji sebelumnya, baik dari makanan, fasilitas ibadah, maupun bantuan petugas.

“Sekarang di Arafah aja ada kasurnya mas, nggak berdesakan pas wudhu, enak jadi kita berasa plus plus,” selorohnya sambil melempar tawa.

Dia mengaku mendengar cerita dari teman-temannya yang sudah pergi haji. “Saya baru kali ini memang mas, tapi saya dengar dari pengalaman teman-teman yang sudah berangkat itu ya tahun ini lebih baik,” jelasnya.

Ia pun berharap apa yang ia rasakan tahun ini bisa dirasakan untuk jamaah haji tahun berikutnya. “Semoga aja ini bukan karena kuotanya yang dibatasi ya mas, nanti kalau sudah full juga bisa tetap kaya gini,” ungkapnya.

Citro bersama jamaah asal Tuban lainnya di antar dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya ke Asrama Haji Sukolilo dengan menggunakan 10 bus. Sesampainya di Debarkasi, langsung dilakukan skrining covid, sebelum para jamaah diantar ke Kota/Kabupaten masing-masing. (*)

Pewarta: Hilman Fauzi

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru