Kelelahan Selama di Makkah, 30 Jemaah Haji Rawat Inap di KKHI Madinah

Selasa, 02 Agustus 2022 - 21:36 | 82.37k
Kelelahan Selama di Makkah, 30 Jemaah Haji Rawat Inap di KKHI Madinah
Kantor Kesehatan Haji Indonesia Madinah, Arab Saudi. (Foto: Yatimul Ainun/TIMES Indonesia)

TIMES HAJI, MADINAH – Sebanyak 30 jemaah haji Indonesia menjalani rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Arab Saudi. Jemaah yang sakit diketahui karena faktor kelelahan setelah dari Makkah. Diduga karena memaksakan diri umrah dan ziarah ke beberapa tempat di Makkah sebelum ke Madinah.

Menurut Kepala KKHI Madinah, dr Enny Nuryanti, hingga Selasa (2/8/2022) siang Waktu Arab Saudi (WAS), yang rawat inap di KKHI Madinah ada 11 jemaah wanita dan 15 jemaah pria dan 4 jemaah lagi dirawat di IGD KKHI Madinah.

"Hingga saat ini, total di KKHI Madinah ada 30 orang. Ditambah 4 orang yang sedang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Madinah," jelas dr Enny.

Mayoritas penyakit kata dr Enny adalah sakit jantung, ditambah penyakit paru dan diabetes. Faktornya karena kelelahan. Selama ada di Makkah, mulai Armuzna dan setelah Armuzna, dilanjut dengan umrah dan ziarah ke beberapa lokasi di Makkah. "Faktornya kelelahan. Akhirnya, saat tiba di Madinah untuk Arbain dan jelas makin kelelahan. Jatuh sakit," katanya.

Kaabah-Haji-3.jpg

Setelah gelombang kedua jemaah didorong ke Madinah dari Makkah, di KKHI Madinah hampir setiap hari ada pasien masuk. Keluhannya sesak nafas dan nyeri dada. Karenanya, jemaah diimbau setelah tiba di Madinah, untuk tidak memaksakan diri melaksanakan Arbain. Jika dalam kondisi tidak sehat dan kelelahan.

"Imbauan, jemaah diharap jangan memaksakan Arbain jika lelah. Arbain pasti melelahkan. Jika tidak terbiasa beraktivitas padat, akan kelelahan. Tensi pasti meningkat jika tidak terbiasa," katanya.

Adapun total jemaah wafat selama gelombang kedua di Madinah, ada 5 orang jemaah. Dari data yang ada, memang ada peningkatan jemaah yang meninggal. Karena faktornya banyak jemaah kelelahan. Ditambah harus melaksanakan Arbain di Masjid Nabawi.

"Total yang wafat sampai saat ini ada 5 orang. Setelah ada imbauan dari kita, tidak terlalu banyak yang rawat inap. Jemaah Haji Indonesia harus jaga kesehatan dan jangan memaksakan diri untuk Arbain," harapnya. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Berita Haji Terbaru