Tak Ada Jemaah Haji Indonesia di Makkah, Kemenag RI: Operasional Haji Fokus di Madinah

Jumat, 05 Agustus 2022 - 16:35 | 38.06k
Tak Ada Jemaah Haji Indonesia di Makkah, Kemenag RI: Operasional Haji Fokus di Madinah
Saiful Mujab saat melepas keberangkatan kloter terakhir dari Makkah menuju Madinah. (FOTO: dok. Kemenag)

TIMES HAJI, JAKARTA – Kelompok terbang (kloter) Terakhir jemaah haji Indonesia gelombang kedua sudah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC 43) ini menjadi rombongan terakhir yang meninggalkan Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab hadir dan melakukan pelepasan keberangkatan jemaah haji SOC 43 menuju Madinah dari Hotel Kiswa, Jarwal-Makkah, Kamis (4/8/2022) kemarin.

"Ini menandakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah sudah selesai. Operasional haji terfokus di Madinah," ucap Saiful Mujab dikutip dalam keterangannya pada Jumat (5/8/2022).

Pria yang akrab disapa Saiful ini mengatakan, saat ini semua konsentrasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) di Madinah untuk menuntaskan pemulangan kloter-kloter yang ada di Madinah sampai 13 Agustus 2022 mendatang.

Selain itu, Saiful menjelaskan bahwa PPIH Arab Saudi akan melakukan evaluasi pelaksanaan kerja di Makkah dan juga dalam satu dua hari ke depan akan dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada satu pun jemaah yang tertinggal di Makkah.

Kemenag-Haji-2.jpgSaiful menyerahkan pataka bendera merah putih sebagai simbol pelepasan jemaah haji Indonesia dari Makkah menuju Madinah. (FOTO: dok. Kemenag)

Tidak lupa, Saiful memberikan apresiasi tinggi atas kinerja seluruh petugas Daker Makkah. Menurutnya, selama 60 hari bertugas, semuanya berjalan sesuai SOP dan tidak ada kendala yang signifikan.

"Ada kendala-kendala kecil dan itu bisa diatasi dengan cepat. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh petugas PPIH di Makkah khususnya, baik dari Daker, Sektor dan Sektor khusus, seluruhnya bisa melaksanakan dengan baik," ujarnya.

"Saya yakin petugas haji bekerja dengan penuh keikhlasan dalam melayani tamu-tamu Allah (jemaah haji Indonesia) dan insya Allah akan mendapat pahala yang setimpal," tandas Saiful yang juga didampingi Direktur Pengelolaan Dana Haji Jaja Jaelani, Kepala Daker Makkah M Khanif, serta seluruh petugas sektor 5 Daker Makkah. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Berita Haji Terbaru